Kamis, 19 Maret 2020

Tutorial Unity

Belajar Array, Class, dan Fungsi Looping Unity

Hallo teman-teman. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan Array, Class, dan Fungsi Looping pada Unity. tanpa basi basi lagi langsug saja kita ke topik pembahasan.


Apa itu Array ?
Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karna array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. Array menggunakan indeks integer untuk menentukan urutan elemen-elemennya, dimana elemen pertamanya dimulai dari indeks 0,elemen kedua memiliki indeks 1, dan seterusnya.


Apa itu Looping ?
Looping jika jabarkan lagi berasal dari kata Loop, artinya lingkaran. Lingkaran memiliki ciri melingkar yang memiliki arti kembali lagi, mengulang.



Looping artinya Perulangan, dari arti ini kita dapat mengamil point awal yaitu looping adalah perulangan. Perulangan seperti apa?



Looping adalah Suatu intruksi untuk membentuk aksi kerja secara berulang pada blok yang sama, dimana didalam blok yang akan diulang ada terdapat statement atau pernyataan.
 


Jika sudah memahami fungsi dari Array dan Looping mari langsung saja kita mulai.


Membuat Array :

Buatlah script baru dengan nama BelajarArray


Kemudian isi script BelajarArray.cs Seperti gambar berikut.
lalu tarik file BelajarArray.cs lalu letakkan "pada Main Camera"
Jika scriptnya sudah kita letakkan pada game object "Main Camera" maka komponen baru akan terbuat dan hasilnya bisa dilihat di tab inspector
Dan jika komponen diisi seperti gambar diatas dan game dijalankan maka akan muncul tampilan seperti berikut

Membuat Class Array  :

hal yang kita lakukan kurang lebih sama seperti membuat array sebelumnya pertama buatlah new script dengan nama ArrayClass lalu ubah script seperti ini.


Lakukan hal yang sama pada  script ArrayClass dan letakkan script pada "Main Camera" secara otomatis komponen baru berada pada tab inspector, lalu isi komponen sebagai berikut dan jalankan gamenya.


inilah result yang akan muncul jika mengikuti script ArrayClass.




CONTOH 3 ( Membuat Looping )  :

  buatlah new script dengan nama FugsiLooping lalu ubah script seperti ini.


Lakukan hal yang sama pada  script ArrayClass dan letakkan script pada "Main Camera" secara otomatis komponen baru berada pada tab inspector, lalu jalankan gamenya maka hasil yang akan keluar akan seperti berikut.

dan itulah tutorial Array Dan Looping , tunggu update selanjutnya semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.

kunjungi juga Web Univ kami: https://www.budiluhur.ac.id/

https://www.budiluhur.ac.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar